Breaking News
recent

Resume Film

Nama   : Hesti Prasetyowati
NIM    : C13008
Prodi   : Komunikasi Massa V
Feature dan Dokumenter




Resume Film Dokumenter

Judul              : THE REAL CLEOPATRA
Pemeran         :
            Film dokumenter ini dijelaskan oleh seorang host/ sejarahwan laki-laki, tapi sayangnya tidak disebutkan namanya, dan terdapat cuplikan-cuplikan film yang mengangkat kisah Cleopatra. Cleopatra diperankan oleh Tamsin Greig dan Julius Caesar diperankan oleh Terence Harvey.

Alur Cerita    : Maju
            Penguasa di Mesir, dipimpin oleh pimpinan militer terhebat di dunia Alexander Great. Setelah mendapat persetujuan dari Pemuka Suci agar peramal mengakui Alexander sebagai Tuhan. Alexander pergi menguasai benua yang terbentang luas mulai dari Eropa hingga India. 3 Abad setelah kelahiran Kristus, barulah mengisahkan Cleopatra yang memimpin Mesir. Wanita Yunani, putri seorang Jendral anak buah Alexander. Cleopatra lahir di Alexandria, Mesir, kota temuan Alexander Great.
            Alexander wafat pada usia 32 tahun, saat itu Cleopatra berusia 23, dia berkuasa lebih dari Alexander. Dirinya menjadi Ratu Mesir Roma dan menjadi penasihat Julius Caesar, pria paling berkuasa didunia. Cleopatra bukanlah seorang penggoda yang lihai seperti gambaran selama ini. Rambutnya yang ikal, teikat dalam ikatan kecil, tata rambut Yunani klasik praktis. Tapi tak bisa menarik Jendral Romawi. Memiliki rambut kemerah-merahan, bergelombang. Dia tak pakai perhiasan. Tak ada anting, kalung. Ini bukanlah wajah seorang penggoda. Ahli sejarah mengatakan dia cerdas, tegas, menawan, pandai berbahasa. Dia juga sangat bersikukuh. Itu yang menjadikannya wanita paling terkenal. Bukan kecantikannya.
            Cleopatra mempunyai anak dari Caesar, yang diberi nama Caesarion, Caesar kecil, seperti ayahnya. Setelah kematian sang ayah karena terbunuh, Caesarion menjadi penerusanya. Karena perang sipil akan dan Cleopatra dan sang anak harus kembali ke Mesir, perekonomian di Mesir menurun, dan  dibawah kepemimpinan Mesir yang korup. Demi kepentingan politik, Cleopatra menjalin hubungan dengan Marc Antony, teman dekat Caesar, dan Cleopatra mempunyai 2 anak kembar dari Antony.
            Oktavian memanfaatkan kemarahan Antony,dan berperang melawannya. Perang Actium di Pantai Yunani. Namun Antony kalah. Karena menanggung malu, Antony semakin lama semakin depresi, Cleopatra memanfaatkannya. Cleopatra pergi ke Alexandria merencanakan langkah berikutnya. Dengan hartanya, berharap menemukan kerajaan baru di India. Namun terjadilah bencana. Penduduk Petra Kuno di Yordan yang dulu dikuasai Cleopatra, menyerang dan membaka habis kapal milik Cleopatra, Cleopatra tak bisa lolos. Antony bunuh diri dan berharap Cleopatra juga mati ditangannya. Cleopatra bersiap bunuh diri dengan metode samadengan Firaun terakhir. Selama 2000 tahun kematian Cleopatra masih dipenuhi dengan mitos. Semua setuju dia mati karena gigitan ular namun detailnya jadi perdebatan. Putranya, Caesarion dibunuh Oktavian. Dua anaknya juga menghilang. Cleopatra yang bertaruh besar lalu kalah, tak pernah terlupakan. Saat nama para raja di Mesir tak lagi diingat. Hanya satu nama yang selalu diingat. Cleopatra, Ratu Mesir.

Pembagian Scene      :
 Opening à Intronya menjelaskan siapa Alexander Great, yang bahwasanya seorang pemimpin Mesir, bahkan militer terhebat di dunia.
 à Asal usul Cleopatra

·                   Isi à Awal karier Cleopatra
          à Menjelaskan kelahiran anak pertama Cleopatra dari Julius Caesar
          à Menggambarkan wajah sesungguhnya Cleopatra, yang bukan sebagai penggoda
          à Mulai perang , atau timbulnya konflik

·             Clossing à Hancurnya karir Cleopatra
                 à Menjelaskan meninggalnya Cleopatra


Saran      : Seharusnya film dokumenter ini memperkenalkan pembicara atau sejarawan yang             menjelaskan kisah Cleopatra ini
Unknown

Unknown

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.